Ahli Behel Gigi Pasang Behel Gigi Di Dokter

Ahli Behel Gigi Pasang Behel Gigi Di Dokter

Ahli  Behel Gigi Pasang Behel Gigi Di Dokter

Pembaca sekalian pasti sudah sangat tidak asing dengan istilah  behel. Behel atau bracket dalam dunia kedokteran gigi  juga dikenal sebagai Kawat Gigi adalah alat yang digunakan dalam perawatan ortodontik yang membantu menyelaraskan dan meluruskan gigi dan membantu posisi  geligi pada posisi ideal di mana gigi atas dapat menggigit gigi bawah dengan sempurna. Behel  atau  bracket merupakan alat ortodontik cekat yang sering juga dengan peralatan ortodontik lain untuk membantu memperluas langit-langit mulut atau rahang dan sebaliknya membantu dalam membentuk gigi dan rahang.

Berdasarkan sejarah pemakaian behel sudah dimulai sejak tahun 400-500 BC hal ini dibuktikan dengan penemuan mumi dari zaman tersebut di mana pada mumi ditemukan band pembungkus gigi berupa kabel yang terbuat dari serat alami usus hewan yang mana hal ini merupakan bagian ortodontic yang berguna untuk meluruskan kesenjangan pada gigi mereka. Sementara di  Romawi ditemukan sebuah makam kuno dengan jenazah yang giginya berisi lempengan emas yang diduga merupakan sebuah peralatan untuk meluruskan kesenjangan gigi, namun karena kurangnya bukti penelitian mengenai hal ini tidak diteruskan.

Sekarang behel tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk merapikan geligi dan mengembalikan fungsi kunyah gigi menjadi lebih baik. Saat ini behel sudah merambah ke arah trend dan fasion di mana orang-orang memakai behel bukan saja karena ada masalah pada giginya namun karena faktor pergaulan dimasyarakat. Hal ini tentu saja bukan masalah apabila dari segi finansial mendukung. Untuk melakukan perawaan behel diperlukan dana yang tidak sedikit untuk satu kali perawatan berkisar antara 3 Juta – 20 Juta tergantung kasus pada pasien bahkan ada yang menarik bayaran lebih mahal lagi, untuk kontrol biasanya berkisar antara 50rb – 100rb/kunjungan.

Dibalik persoalan biaya sekarang harus diingat penggunaan kawat gigi atau behel tidak hanya sekedar masalah fasion, tidak juga sekedar asal rapi. Rapi tentu saja tidak cukup, setelah perawatan selesai gigi harus bisa berfungsi untuk mengunyah dengan sempurna. Gigi atas harus bisa menggigit dan bertemu gigi bawah dengan baik, karena salah satu dari fungsi kawat gigi atau behel adalah untuk memperbaiki gigi dari keadaan gigi atas tidak bertemu atau menggigit gigi bawah dengan baik (bahasa kerennya : maloklusi) yang disebabkan oleh susunan gigi yang tidak beraturan, bentuk rahang yang salah atau kombinasi dari kedua hal tersebut.

Perawatan dengan kawat gigi atau behel (istilah kedokterannya : perawatan ortoddontik) yang dilakukan oleh orang yang benar-benar memahami ilmu ortodontik dapat memperbaiki kesalahan bentuk atau posisi dari rahang. Perbaikan dari susunan gigi dan rahang juga akan mempengaruhi bentuk atau profil wajah dari seseorang secara keseluruhan.

Tanpa ilmu yang benar pemakaian kawat gigi bisa membuat  wajah anda menjadi aneh. Mereka yang tidak mengerti ilmu ortodontik secara benar (atau hanya mengetahui sepotong-sepotong) hanya akan membuat gigi pasien terlihat rapi namun belum tentu posisi rahang pasien pas untuk menggigit antara gigi atas dan gigi bawah (oklusi). Lebih celaka lagi melakukan pemasangan kawat gigi pada orang yang tidak berpengalaman dan tidak memiliki ilmu yang cukup bisa membuat wajah pasien menjadi lebih aneh dari semestinya.

Saat ini banyak iklan dari tukang gigi di media elektronik, media cetak, bahkan sudah ke media online yang menawarkan pemasangan kawat gigi murah, cepat dan rapi. Namun sadarkan kalian bahwa dalam iklan promosi tersebut tidak ada yang menawarkan gigi anda dapat berfugsi dengan baik setelah perawatan. Perawatan yang dilakukan oleh orang yang bukan ahli di bidang orthodontik hanya akan membuat masalah baru pada gigi si pasien. Belum lagi resiko tertular oleh penyakit lain yang disebabkan oleh alat-alat yang digunakan.

Bagaimanapun juga seseorang yang berpredikat dokter gigi memerlukan waktu yang lama yakni 3 (tiga) tahun untuk mempelajari mengenai ilmu meratakan gigi (ortodontik). Sedangkan seorang dokter gigi biasa hanya berkesempatan untuk mempelajari alat ortodontik lepasan dan tidak diajarkan untuk memasang behel atau alat ortodontik cekat.

Telp/SMS/Whatsapp :

Pak hambali 085711372272

Email : konsultaninfo@gmail.com

Sukabumi : Jl. Raya Sukabumi, Pd. Kaso Landeuh, Parung Kuda, Sukabumi, Jawa Barat 43357 085780053300

Kami Melayani Delivery Order Wilayah Jabodetabek. Anda cukup telepon, Kami respon datang ke tempat anda.

Seorang tukang gigi (atau istilah lainnya : ahli gigi) di pinggir jalan sama sekali tidak pernah mendapatkan pendidikan formal sebagai seorang dokter gigi dan tidak memiliki kualifikasi untuk merawat gigi pasien khususnya melakukan pemasangan kawat gigi atau behel. Apapun alasannya, walau katanya si tukang gigi sudah pernah belajar tentang kawat gigi dan sebagainya tetap saja kualifikasi mereka masih jauh dari seorang dokter gigi spesialis orthodontik maupun dokter gigi umum.

Sekarang ini kembali lagi kepada masyarakat untuk mencerna, pasang kawat gigi pada dokter gigi non spesialis saja tidak dianjurkan apalagi memasang kawat gigi pada praktek “tukang gigi” atau “ahli gigi” di pinggir jalan. Sebagian masyarakat yang tidak mengetahui masalah perawatan orthodontik secara umum sudah pasti menganggap remeh masalah ini. Namun tahukan anda pemakaian alat-alat kedokteran gigi yang tidak memenuhi standar kesehatan pada waktu pemasangan behel atau kawat gigi bisa menyebabkan infeksi silang dan membahayakan kesehatan.

Untuk menghindari penyakit tertular dari satu pasien ke pasien lain atau ke dokter gigi yang bisa saja melalui air liur atau darah si dokter gigi menggunakan barier berupa sarung tangan dan masker yang hanya boleh digunakan sekali. Artinya hanya digunakan untuk 1 (satu) pasien. Alat-alat yang digunakan oleh dokter gigi merupakan alat steril yang setelah digunakan pada 1 (satu) pasien dibersihkan dan dimasukkan ke alat sterilisasi khusus atau langsung dibuang apabila menggunakan alat disposible.

Sekarang tinggal dibayangkan apabila melakukan perawatan kawat gigi pada orang yang tidak memiliki pengetahuan yang lebih dibidang tersebut? Mereka tidak mendapatkan pengetahuan mengenai cara sterilisasi peralatan yang digunakan, tidak memiliki kualifikasi yang lebih untuk merawat gigi yang tidak beraturan. Bisa jadi gigi si pasien bukannya menjadi baik dan sehat namun akan menimbulkan masalah baru yakni resiko terkena penyakit menular seperti HIV, Hepatitis, gigi goyang, rahang sakit saat membuka mulut dan masih banyak lagi akibat buruk yang akan ditimbulkan.

Sama seperti dalam kedokteran umum, kita mempercayakan perawatan kita kepada dokter spesialis sesuai dengan kondisi tubuh kita yang bermasalah ( dokter spesialis jantung, kandungan, paru,dll) karena kita mempercayai pengetahuan, keahlian dan pengalaman mereka dalam menetapkan diagnosis dan melakukan tindakan sesuai kondisi kita, apalagi dalam kondisi yang menentukan hidup dan mati seseorang. Kita juga mempercayai seorang dokter spesialis mengerti risiko-risiko yang mungkin terjadi dan dapat melihat segala sesuatunya yang kemungkinan tidak disadari oleh dokter umum karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman. Hal demikian juga berlaku dalam kedokteran gigi. Seorang ortodontis akan lebih baik dalam merawat suatu kelainan posisi gigi (maloklusi) dibanding dokter gigi umum karena pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang ortodonti.

Tujuan perawatan ortodonti yang paling utama adalah untuk mendapatkan fungsi yang optimal artinya dengan mendapatkan perawatan ortodonti, fungsi pengunyahan pasien akan menjadi lebih baik, demikian juga dalam fungsi berbicara dan kesehatan gigi dan mulut menjadi lebih baik karena gigi yang rapi dan tidak berjejal akan lebih mudah dibersihkan. Untuk mendapatkan fungsi yang optimal tersebut tidak hanya diperlukan gigi yang rapi (tidak berjejal, tidak renggang dan berjarak antara gigi satu dan lain) tetapi juga diperlukan hubungan yang harmonis antara gigi geligi pada rahang atas dan bawah pada saat kedua rahang dikatupkan.

Dari penjelasan singkat di atas mungkin dapat memberikan gambaran bahwa perawatan ortodonti/ behel tidaklah semudah dan sesimpel ‘merapikan gigi’ saja. Karena itu anggapan bahwa perawatan ortodonti adalah perawatan untuk estetika saja adalah anggapan yang salah besar. Tentu saja gigi yang rapi dan hubungannya antara rahang atas dan bawah yang baik akan meningkatkan estetika seseorang karena didapatkan senyuman yang lebih baik dan menarik, namun, perlu diingat bahwa hal ini adalah efek tambahan yang didapatkan dari perawatan ortodonti.

Tujuan perawatan ortodonti/ behel yang utama adalah untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, bukan untuk menunjang penampilan apalagi untuk fashion, karena itu diperlukan pengetahuan, keahlian serta pengalaman yang memadai bagi yang merawat. Perawatan ortodonti yang dilakukan dengan tidak benar dan bukan oleh ortodontis, alih-alih mendapatkan kondisi gigi geligi yang lebih baik, malah memperburuk kondisi yang telah ada sehingga akhirnya harus dirawat ulang.

Baca Juga Informasi: Behel Gigi Di Depok

Ahli Behel Gigi Pasang Behel Gigi Di Dokter
Ahli Behel Gigi Pasang Behel Gigi Di Dokter

Behel Gigi Di Depok

pasang behel di dokter gigi biasa,

pasang behel di dokter gigi bekasi,

pasang behel di dokter gigi semarang,

pasang behel di dokter gigi jakarta barat,

pasang behel di dokter gigi jakarta timur,

pasang behel di dokter gigi padang,

pasang behel di dokter gigi lampung,

pasang behel di dokter gigi cimahi,

pasang behel di dokter gigi surabaya,

pasang behel di dokter gigi malang

pasang behel di dokter orthodonti

pasang behel di dokter gigi umum

pasang behel di dokter gigi medan

pasang behel di dokter gigi garut

pasang behel di dokter gigi purwokerto

pasang behel di dokter gigi bandung

pasang behel di dokter gigi batam

pasang behel di dokter gigi tangerang

pasang behel di dokter gigi bogor

pasang behel di dokter gigi jakarta selatan

pasang behel di asisten dokter

pasang behel asli dokter

perbedaan pasang behel di dokter dan ahli gigi

perbedaan pasang behel di dokter dengan ahli gigi

amankah pasang behel di dokter gigi

harga pasang behel atas di dokter gigi

harga pasang behel asli di dokter

harga pasang behel atas di dokter

biaya pasang behel atas di dokter gigi

dokter ahli pasang behel di bandung

dokter ahli pasang behel di medan

harga pasang behel atas bawah di dokter gigi

harga pasang behel atas saja di dokter gigi

harga pasang behel atas bawah di dokter

bedanya pasang behel di ahli gigi dan dokter

biaya pasang behel atas di dokter

pasang behel di dokter berapa

pasang behel di dokter berapa harganya

pasang behel di dokter bandung

pasang behel di dokter bogor

pasang behel di dokter berapa ya

pasang behel dokter di balikpapan

pasang kawat gigi di dokter berapa

pasang behel di dokter gigi berapa

pasang behel di dokter gigi berapa harganya

pasang behel di dokter gigi berapa ya

pasang behel di dokter gigi banjarmasin

pasang behel dokter bekasi

pasang behel di dokter gigi murah bandung

pasang behel di dokter gigi yang bisa dicicil

pasang behel di dokter gigi cilegon

pasang behel di dokter gigi cirebon

cara pasang behel di dokter gigi

harga pasang behel di dokter gigi cirebon

cara pasang behel di dokter

biaya pasang behel di dokter gigi cirebon

harga pasang behel di dokter gigi cimahi

dokter gigi pasang behel di cikarang

cara pasang behel permanen di dokter

pasang behel di dokter gigi depok

pasang behel di dokter gigi daerah tangerang

bedanya pasang behel di dokter dan tukang gigi

harga pasang behel di dokter daerah bekasi utara

pasang behel dengan dokter gigi

pasang behel dari dokter

pasang behel murah di dokter gigi depok

pasang behel di dokter gigi di bandung

harga pasang behel di dokter gigi daerah depok

pasang behel di dokter gigi di surabaya

pasang behel di dokter gigi di bekasi

pasang behel di dokter gigi di malang

pasang behel di dokter gigi di jogja

harga pasang behel di dokter gigi denpasar

perbedaan pasang behel dokter dan ahli gigi

pasang kawat gigi dengan dokter

daftar harga pasang behel di dokter gigi

foto pasang behel di dokter gigi

pasang behel fashion di dokter gigi

harga pasang behel fashion di dokter gigi

pasang behel di dokter gigi

pasang behel di dokter harga

pasang kawat gigi dokter harga

harga pasang behel di dokter gigi 2013

harga pasang behel di dokter gigi spesialis

harga pasang behel di dokter gigi 2014

harga pasang behel di dokter gigi 2015

harga pasang behel di dokter gigi bandung

harga pasang behel di dokter gigi spesialis ortodonti

harga pasang behel di dokter gigi jogja

harga pasang behel di dokter gigi jakarta

harga pasang behel di dokter gigi surabaya

harga pasang behel di dokter gigi tangerang

harga pasang behel di dokter gigi depok

harga pasang behel di dokter gigi solo

harga pasang behel di dokter gigi semarang

harga pasang behel di dokter gigi palembang

harga pasang behel di dokter gigi medan

harga pasang behel di dokter orthodonti

pasang behel di dokter gigi jogja

pasang behel di dokter gigi jakarta pusat

pasang behel di dokter gigi jakarta utara

pasang behel dokter jakarta selatan

pasang behel di dokter gigi murah jakarta

pasang behel murah dokter jakarta

pasang behel murah di dokter gigi jogja

harga pasang behel di dokter gigi jakarta selatan

harga pasang behel di dokter gigi jember

dokter pasang behel di jogja

dokter pasang behel di jakarta

pasang behel murah di dokter gigi jakarta barat

harga pasang behel di dokter gigi jambi

tarif pasang behel di dokter gigi jakarta

pasang behel dokter gigi jambi

pasang behel dokter murah jogja

pasang behel di dokter gigi kudus

harga pasang behel di klinik dokter gigi

pasang behel ke dokter

pasang behel ke dokter gigi

kisaran harga pasang behel di dokter gigi

dokter gigi pasang behel di klaten

kisaran harga pasang behel di dokter

dokter gigi pasang behel di kediri

dokter gigi pasang behel di karawang

harga pasang behel keramik di dokter gigi

harga pasang behel keramik di dokter

harga pasang behel di dokter gigi lampung

biaya pasang behel di dokter gigi lampung

harga pasang behel di dokter gigi bandar lampung

dokter gigi pasang behel di bandar lampung

harga behel lepas pasang di dokter gigi

harga behel lepas pasang di dokter

pasang behel di dokter murah

pasang kawat gigi di dokter murah

pasang behel di dokter gigi murah

harga pasang behel di dokter malang

pasang behel di dokter gigi makassar

pasang behel dokter murah

pasang behel dokter murah jakarta

pasang behel di dokter gigi yang murah

pasang behel murah dokter gigi

pasang behel murah dokter gigi jakarta

pasang behel murah dokter gigi yogyakarta

pasang behel murah dokter gigi tangerang

pasang behel murah dokter gigi solo

pasang behel murah dokter surabaya

pasang kawat gigi dokter murah

pasang behel di dokter ortho

pasang behel di dokter ortodonti

harga pasang behel di dokter ortho

biaya pasang behel di dokter orthodonti

harga pasang behel di dokter ortodonti

biaya pasang behel di dokter ortodonti

pasang behel dokter ortho

harga pasang behel di dokter spesialis orthodonti

ongkos pasang behel di dokter gigi

harga pasang behel di dokter gigi ortho

ongkos pasang behel di dokter

biaya pasang behel di dokter spesialis orthodonti

harga pasang behel di dokter spesialis ortodonti

pasang behel murah oleh dokter

biaya pasang behel di dokter gigi spesialis ortodonti

biaya pasang behel di dokter gigi spesialis ortodonti 2014

pasang behel di dokter gigi palembang

harga pasang behel di dokter praktek

harga pasang behel di dokter gigi pekanbaru

promo pasang behel di dokter gigi

pengalaman pasang behel di dokter gigi

harga pasang behel di dokter gigi purwokerto

harga pasang behel di dokter gigi pontianak

perbedaan pasang behel di dokter gigi dengan ahli gigi

biaya pasang behel di dokter gigi pekanbaru

pengalaman pasang behel di dokter gigi biasa

pengalaman pasang behel di dokter gigi umum

dokter pasang behel di purwokerto

dokter pasang behel di pontianak

pasang behel permanen di dokter gigi

pasang behel dokter gigi palembang

Satu pendapat untuk “Ahli Behel Gigi Pasang Behel Gigi Di Dokter

Tinggalkan komentar